Tips Menjadi Blogger yang Baik: Agar Blog Ramai Dikunjungi

Tips Menjadi Blogger yang Baik: Agar Blog Ramai Dikunjungi

Tips Menjadi Blogger yang Baik: Agar Blog Ramai Dikunjungi - Setiap orang bisa menjadi blogger. Akan tetapi tidak semua orang bisa menjadi blogger yang baik. Banyak orang memposting tulisan-tulisan kurang bermutu dengan hanya ingin mengejar SEO, sehingga banyak tulisan yang sebenarnya tidak "nyambung" dengan tema blog yang diangkat. 


 Dengan berbagi info yang saya susun berdasarkan pengalaman blogging, semoga dapat menginspirasi kita untuk menjadi blogger yang baik.

1. Bahasa Tulisan yang Sederhana 
Sederhana saja, pengunjung ingin mendapatkan informasi yang berguna dari blog kita, bukan ingin berpusing-pusing ria karena gaya bahasa kita yang lebay dan alay. Gunakan bahasa yang mudah dimeengerti pengunjung, sederhana tapi berarti. 

2. Tampilan Blog
Berikutnya adalah tampilan blog. Tampilan yang seperti apa? Tentu saja yang sedap dipandang mata. Banyak blogger melakukan kesalahan dengan berpendapat bahwa semakin banyak widget yang dipasang, akan semakin mempercantik blog. Hingga semua dipasang di blog: jam, animasi gif, mp3, tulisan melayang, background yang bergambar bagus, sampai iklan yang bertebaran dimana-mana.


Hal tersebut justru akan membuat blog kita semakin berat dan tidak nyaman dibaca. Bisa dibayangkan jika ketika pengunjung membaca postingan kita, tiba-tiba ada tulisan melayang berupa iklan yang mengganggu, atau tulisan menjadi tidak jelas karena background yang lebay, atau pecah konsentrasinya karena lagu yang sedang bermain di blog kita.

Yang perlu diperhatikan lainnya adalah jenis font/ tulisan. Gunakan tulisan yang hurufnya berdiri sendiri. Hindari tulisan latin atau jenis font yang tidak berdiri sendiri. Bisa dibayangkan perasaan pengunjung jika tulisan diblog kita seperti ini.

 

Untuk Anda yang masih melakukan kesalahan di atas, saya mendoakan semoga segera mendapat hidayah. Karena ternyata: pengunjung lebih menyukai blog yang ringan, dengan tampilan sederhana, namun berisi artikel yang bermanfaat.


3. Jadilah Blogger yang Ramah 
Ingat "Pengunjung adalah raja", kata tersebut sangatlah cocok bagi anda yg seorang blogger, utamakanlah kepuasan dan kenyamanan pengunjung blog anda, beri mereka kenyamanan dan kepuasan, serta bersifat interaktif dengan nada ramah kepada mereka. Layani pertanyaan dan komentar pengunjung di kolom komentar maupun buku tamu. Karena secara tidak sadar, kita sedang membangun relasi dengan itu.

 4. Navigasi Blog  

Blog yang baik memberikan navigasi yang baik. Selain untuk membuat nyaman pengunjung, hal itu juga memperbesar kemungkinan postingan kita terbaca. Contohnya dengan memberikan widget artikel terkatit, link-in pada posting, atau widget kategori/ tag.

5. Keep Original! 
Hal sangatlah penting sekali, karena banyak sekali para blogger yang saya temukan dalam menulis artikel demi mengejar SEO, sehingga postingannya kurang bermutu. Mulai dari copy-paste, artikel sampah (tidak sesuai tema blog), dan lain sebagainya.

Konsistenlah dengan tulisan kita, dengan begitu kita sedang membangun link masa depan ke blog kita. Search engine pun mengindeks tulisan kita bukan sebagai spam.

Demikian tips dan trik Menjadi Blogger yang Baik: Agar Blog Ramai Dikunjungi. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar