Cara Mendapat Backlink Banyak dengan Cepat

Mendapat backlink mutlak diperlukan untuk memperbaiki peringkat blog dan meningkatkan traffic blog kita. Mendapatkan backlink dengan cepat bukanlah hal yang mudah, perlu konsistensi dan perjuangan mengalahkan rasa malas.

Backlink secara awam memiliki arti "menanam" link blog kita di blog orang lain, terutama blog yang sudah memiliki traffic pengunjung yang bagus. Backlink bisa berupa tukar link, komentar yang menginkinkan kita meninggalkan link, dan banyak lagi. Backlink bisa dibedakan menjadi dua, yaitu Backlink masuk dan keluar. Bisa ditebak, arti dari masing-masing backlink.

Dalam dunia blogger yang semakin kejam ini, para blogger berlomba mengejar traffic. Ini menjadi peluang bagi para penyedia jasa backlink otomatis, baik yang gratis hingga berbayar. Namun berhati-hatilah, sebagian besar itu tidak berguna. Karena  backlink yang diberikan hanya sementara. Bahkan bisa-bisa berbuah spam.

Tips Mendapatkan Backlink

  1. Yang paling mendasar adalah, tanam backlink pada blog atau website yang memiliki reputasi bagus. artinya memiliki Alexa Rank dan terutama Google Page Rank yang bagus. Jangan sekali-kali menanam backlink pada website dengan reputasi buruk seperti situs seks atau situs lain yang dianggap spam oleh search engine (bad neighbourhood).
  2. Dapatkan backlink dengan alami, artinya jangan memburu kuantitas secara brutal. Sekedar tips, tanam 3-5 link setiap hari. Dengan begitu kita akan mendapatkan backlink dengan alami sehingga tidak masuk sandbox Google.
  3. Dapatkan backlink dari blog atau website dengan tema yang sama dengan blog kita. Memang masih belu jelas tentang hal ini. Namun masuk akal jika backlink dengan anchor text yang sesuai memiliki nilai yang lebih baik.
  4. Dapatkan backlink dengan anchor text sesuai dengan blog kita. Misalkan blog kita memiliki tema SEO Blog, kita bisa meninggalkan link dengan anchor text "Belajar SEO Blog" atau "SEO Blog untuk Pemula", dsb.
  5. Variasikan backlink yang ditanam. Sebagian besar berupa link homepage, sebagian lagi menuju artikel yang sesuai. Dengan begitu aliran pagerank akan tersebar merata.

Cara Mendapat Backlink Banyak dengan Cepat 

Simak baik-baik tips dan trik mendapat backlink banyak dengan cepat berikut.

1. Pertama: Cara mendapat backlink banyak dengan cepat

  cara mendapat backlink banyak dengan cepat


Cari blog yang tema dan topiknya sama dengan blog kita, bisa di search di google berasarkan posting, biasanya 10 hasil teratas. Carilah nilai Alexa Rank dan liks-in blog tersebut (lihat gambar), dan klik. Semakin ramping (kecil) Alexa Rank-nya dan semakin banyak link-in blog nya, semakin baik. Apalagi ditambah Page Rank yang tinggi (PR 2 ke atas lebih baik).

2. Kedua: Cara mendapat backlink banyak dengan cepat

Setelah langkah-1, kita akan diarahkan ke halaman berikut.

cara mendapat backlink banyak

Klik saja di bagian Reputation ...link in. Dan kita semakin dekat untuk mendapat backlink banyak dengan cepat


3. Ketiga : Cara mendapat backlink banyak dengan cepat
  
Setelah itu, kita akan diarahkan ke halaman berikut.

cara mendapat backlink dengan cepat 
Begitu banyak backlink yang dimiliki oleh blog tadi yang dicantumkan. Kita tidak usah repot-repot mencarinya via search engine atau bersusah payah berkomentar pada blog-blog yang belum tentu dofollow dan memiliki pagerank yang bagus. Apakah terjamin kalau dengan cara ini semua blog yang menjadi incaran buat kita bertanam backlink semua memang benar-benar dofollow? Memang tidak, tetapi blog tersebut dalam segi ranking googlenya sudah lumayan tinggi, jadi sangat mungkin backlink yang kita hasilkan benar-benar berkualitas. Ditambah blog dalam list tadi sudah terindex Alexa, jadi sangat mungkin backlink kita tertanam subur disitu.

Belum selesai, ini yang terpenting untukmendapat backlink banyak dengan cepat

Setelah sahabat mengetahui blog mana saja yang bakal memberikan backlink,maka langkah selanjutnya adalah :  
Buatlah list nama-nama situs incaran untuk bertanam backlink tersebut dan buatlah schedule terjadwal untuk mengunjungi situs-situs tersebut, lakukan sehari minimal 3 kunjungan dan diakhiri dengan menanam backlink, lakukan perlahan tapi pasti dan jangan tergesa-gesa, nanti blog kita bisa-bisa dianggap spam.

Lakukan terus menerus dengan sabar, cari backlink via blog lain. Intinya: KONSISTEN. 
Jika rata-rata sehari kita menanam backlink 5 kali pada blog yang berbeda, maka dalam satu bulan kita sudah dapat 150 link yang mengarah pada blog kita ,bayangkan dalam 1 tahun, berapa backlink yang akan kita dapat? Yummy..


Demikian tips dan trik mendapat backlink banyak dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Update 30 Juni 2013

Setelah saya pelajari kembali cara mendapat backlink di atas, ternyata sudah begitu berfungsi. Alexa nampaknya memanfaatkan fitur ini untuk menghasilkan penghasilan lebih. Sehingga untuk mengetahui backlink blog lain, kita diminta untuk mengupgrade Alexa account kita.

tips mendapatkan backlink

Namun tenang saja, kita masih bisa mendapat backlink dari tips di atas tetapi memang jumlahnya tidak bisa sebanyak dulu. Kini kita masih bisa "membajak" backlink dari blog lain meskipun hanya 5 backlink. Menurut saya ini menguntungkan, kita sudah disediakan porsi harian untuk mendapatkan backlink. Artinya satu hari satu blog yang backlink nya kita "bajak" dengan bantuan Alexa dengan tips di atas.

Jika ingin mendapatkan backlink dengan banyak, silakan baca artikel saya tentang cara mendapat backlink gratis berkualitas. Ingat ya, tidak ada yang instan dalam mendapatkan backlink!

6 komentar

makasih, sob. Tips ini sangat berguna bagi saya, dan semoga masyarakat luas juga bisa menerima dampak positif dari postingan sahabat ini. O, iya, ngomong2 apa sahabat minat pasang iklan di kanginanjaya.blogspot.com Kalau sahabat minat bisa hubungi 085292793817. Biayanya 20 ribu per bulan dan masih bisa dinego.

Reply

hehe..makasih bro..share info aja, barangkali manfaat.
oke, saya contact..skalian tuker info nge-blog.

Reply

Tips yang simple, actionable dan mudah. Thanks Kak Chacha :)
Makasih juga sudah mengunjungi dan berkomentar di blog saya sebelumnya.

Kalau tentang komentar ke blog sesama blogger sih intinya asal dalam berkomentar itu selalu sesuai dengan tulisan, tidak terkesan asal - asalan dan kejar backlink saja saya sangat setuju. Yang lebih utama adalah dengan tidak menggunakan keyword dalam nama, karena blog menurut saya adalah media sosial untuk saling kenal, jadi menggunakan nama kita/blog adalah wajib.

Eh, jadi kepanjangan nih. Hehehe...

Reply

Wah..makasih mas masukannya. Masih perlu banyak belajar dari kang mas. Blog dan blogger baru. Hehe..

Reply

kunjungi www.tokovitalitas.com dan www.tokobioaura.com

Reply

wah bro faza promosi nih..sayangnya saya sudah vital dan aura saya bercahaya. hehe..

Reply

Posting Komentar