Mengapa Gelembung Sabun Berbentuk Bulat?

Mengapa Gelembung Sabun Berbentuk Bulat?

 

Mengapa Gelembung Sabun Berbentuk Bulat? - Mungkin pertanyaan itu yang sering muncul ketika kita masih anak-anak dan  senang sekali bermain gelembung sabun. Meniupnya kesana-sini hingga gelembung sabun yang berbentuk bulat itu bertebaran dimana-mana.



Gelembung-gelembung bundar–berbentuk bola–karena ada suatu gaya tarik menarik yang disebut tegangan permukaan yang menarik molekul-molekul air sekuat mungkin antara sejumlah partikel adalah ketika mereka membentuk sebuah bola. Di antara semua bentuk yang mungkin, kubus, piramida, bongkahan tak beraturan–bola memiliki luas sebelah luar paling kecil.

Saat kita meniup gelembung keluar dari peniupnya (sedotan atau alat lain yang lebih modern), tegangan permukaan membuat lapisan tipis air sabun mencari luas permukaan yang sekecil mungkin. Maka terjadilah sebuah bola. Akan berbeda hasilnya ketika kita tidak meniupnya (memerangkapkan udara di dalam gelembung), mungkin yang terjadi hanya sebuah titik air seperti air hujan.

Semua gas yang kita tiupkan memberikan tekanan pada wadah penyimpanan mereka karena terdiri atas molekul-molekul bebas yang terus menabrak apa pun yang menghalangi. Pada sebuah gelembung, gaya-gaya tegangan permukaan ke arah dalam pada selaput air diseimbangkan dengan baik oleh gaya mendorong keluar oleh udara dari dalam. Jika ada perbedaan sedikit saja, gelembung akan mengeceil atau mengembang sampai keduanya sama besar.

Mengapa Gelembung Sabun Meletus?

 


Saat kita meniupkan udara yang lebih banyak dalam gemebung, maka sama saja dengan menambahkan tekanan udara di dalam gelembung. Selaput air akan mengimbangi kenaikan tekanan ke luar dengan memperluas permukaannya, yang tentu saja akan menambah gaya tegangan permukaan. Gelembung itu pun bertambah besar ukurannya. Namun dalam proses tersebut selaput air semakin tipis, pasalnya persediaan air (yang didapat saat mencelupkan sedotan) memang terbatas. Bila kita terus meniup gelembung, selaput tadi tidak lagi memiliki cadangan air untuk memperluas permukaan. Gelembung-pun meletus.

Bagaimana, sekarang mengertikah Anda mengapa gelembung sabun berbentuk bulat? Dan mengapa gelembung sabun bisa meletus? Ternyata terjawab dengan sains, dan bukan suatu kebetulan gelembung sabun yang kita tiup berbentuk bulat. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar