Membuat Buku Tamu di Blog

Membuat Buku Tamu Di Blog - Seperti selogan saya bahwa "tidak ada blogger yang bisa hidup sendirian", buku tamu bisa menjadi widget bagus untuk membangun relasi di dunia blog. Dengan memasang buku tamu di blog, maka pengunjung blog kita bisa meninggalkan jejak setelah membaca. Selain itu kita sebagai pemilik blog juga mendapat keuntungan berupa relasi blog yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk membangun link.
Oleh karena itu, di sini saya akan berbagitips Cara Membuat Buku Tamu di Blog. Caranya mudah dan gratis, tidak perlu merogoh saku kita dalam-dalam, atau mengotak-atik template HTML sampai yang kadang membuat blog kita berantakan. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah membuat buku tamu di blog.
Membuat Buku Tamu Di Blogspot

Banyak sekali penyedia jasa bukut tamu gratis, tapi kali ini saya akan bagikan tips untuk membuatnya di CBOX. Di CBOX kita diberikan beberapa kemudahan yang tidak diberikan oleh yang lain menurut saya.
1. Silahkan kita buka di www.cbox.ws
2. Pilih Get Your Own Free Cbox Now !

Membuat Buku Tamu Di Blogspot

3. Setelah itu, kita isi form isian di CBOX dari Name sampai dengan Style. Jangan lupa memberi centang pada kotak I have read and agree to Cbox terms and conditions of services. Periksa lagi dan, klik tombol Create My CBOX.

Membuat Buku Tamu Di Blogspot
Note: Cbox Name berisikan nama dari Buku Tamu anda yang nantinya berfungsi sebagai ID anda sedangkan Website haruslah berisi alamat blog anda.

4. Bila semuanya berjalan lancar, akan ada tulisan CBOX Created! Login dengan nama dan password yang kita buat tadi.

Membuat Buku Tamu Di Blogspot
5. Setelah login anda akan masuk ke halaman member, kita gunakan tools Look & Feel untuk mengatur tampilan buku tamu kita sesuai keinginan kita. Yang perlu diperhatikan, desain dan warna tampilan buku tamu sebaiknya serasi dengan desain dan warna blog kita, agar tidak "wagu" ketika dipasang nanti.  Setelah selesai berkreasi, kita pilih Publish! untuk mendapatkan kode HTML nya.

Membuat Buku Tamu Di Blogspot

6. Muncul halaman baru berisikan script HTML untuk buku tamu kita. Anda bisa mengcopynya dengan mengklik tombol Copy to Clipboard.

Membuat Buku Tamu Di Blogspot

7. Langkah terakhir adalah memasangnya buku tamu di blog. Silahkan anda login ke blogger. Kemudian pilih Tata Letak--Tambah Gadget--HTML/JAVA Script.

Membuat Buku Tamu Di Blogspot
8. Paste script HTML tadi pada kolom yang disediakan, klik tombol Save.

Yummy! Buku tamu sudah terpasang di blog kita. 

Yang perlu diingat adalah, jadilah blogger yang ramah. Dengan begitu, tamu kita akan merasa nyaman dan bukan tidak mungkin akan menjadi  pengunjung rutin kita. Jangan lupa tetap posting artikel yang original dan diperllukan pengunjung.
Demikian tips dari saya mengenai Membuat Buku Tamu Di Blog, semoga bermanfaat dan jangan lupa  berkomentar di blog dofollow saya ini.

2 komentar

makasih tutorialnya. kapan2 mungkin ane mau nyoba dan mengutip artikel ini karena memang bermanfaat.

Reply

boleh saja di share kalau memang bermanfaat sobat handhita, jangan lupa link-nya dicantumkan ya. :)
boleh juga menyumbang tulisan di blog saya ini, jangan lupa di follow dan di like fans page-nya sobat, terimakasih.

Reply

Posting Komentar