Pentingnya Menulis Posting Blog Berstandar SEO

Bagaimana Cara Menulis Posting Blog Berkualitas Standar SEO

Bagaimana Cara Menulis Posting Blog Berkualitas Standar SEO? Artikel berkualitas menjadi sangat penting bagi sebuah blog. Mengapa? Jelas search engine sangat menyukai fresh content, artinya posting blog baru yang bukan merupakan jiplakan dari blog yang sudah ada. Kedua, tentu pengunjung blog juga mencintai blog yang memberikan informasi bermanfaat untuk menemukan solusi untuk masalah yang pengunjung punya. Lalu bagaimana cara menulis posting yang berkualitas, yang memenuhi standar SEO? 

Langkah yang sangat mendasar sebelum menulis posting blog adalah melakukan riset kata kunci, sehingga kita tahu apa sebenarnya yang sedang hot dicari oleh pengguna internet. Tentu saja kata kunci yang sesuai dengan tema blog kita, bukan asal tembak keyword yang sedang booming yang tentu saja fatal akibatnya bagi blog kita. Seingat saya, sudah pernah saya share tentang cara melakukan riset kata kunci (keyword), silakan dibuka kembali.

Setelah menentukan keyword yang akan menjadi target posting blog, kita siap untuk membuat posting blog yang berkualitas standar SEO. Perhatikan faktor-faktor penting lain saat menulis artikel berikut.

Memilih Judul Artikel

Yang pertama dilakukan adalah menentukan judul posting blog. Pastikan judul mengandung kata kunci yang kita riset tadi, tidak usah terlalu panjang yang penting mewakili isi dari posting blog kita, 5-7 kata cukup. Jika terlalu panjang, akan mengurangi kepadatan keyword dalam judul tersebut. Yang terpenting lagi, jangan sampai mengorbankan keyword dalam judul posting blog hanya untuk mengejar judul yang bombastis. Contoh, jika ingin merubah judul posting "Harga Ipad 3 Turun Lagi" cukup diubah menjadi "Astaga! Harga Ipad 3 Turun Lagi".

Memilih URL Artikel

Judul posting blog yang terlalu panjang, maka tidak semuanya akan dimuat dalam URL posting blog. Bagi penggna blogger, kita bisa mengubah URL tersebut dengan cara berikut. Di bagian kanan dari tempat mengetik possting blog kita, ada sebuah menu bernama tautan permanen, klik dan pilih tautan permanen khusus. Kita cukup mengetikkan bagian akhir dari URL posting blog. Contoh, jika URL yang kita inginkan http://tipsblogspot.com/2013/06/bagaimana-cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo.html, maka yang saya ketikkan adalah bagaimana-cara-menulis-artikel-berkualitas-standar-seo (jangan lupa tanda hubung "-" diikutkan dalam URL). Itulah cara membuat URL menjadi SEO friendly.

mengubah url blogspot agar SEO friendly

Menggunakan Label Di Setiap Artikel

Gunakan label untuk posting blog kita. Pilih label yang paling tepat untuk posting blog yang dibuat. Untuk memasukkan label klik Menu Label di bagian kanan kolom mengetik posting blog, pisahkan dengan koma jika memakai lebih dari satu label. Jika blog kita memiliki tema campuran dan tidak fokus pada satu topik, pasang gadget label pada sidebar untuk mempermudah aliran pagerank ke halaman-halaman posting blog.

Memasang Meta Deskripsi di Setiap Posting Blog

Meta deskripsi akan ditampilkan pada snippet hasil pencarian Google, jadi pastikan meta deskripsi ini juga mengandung kata kunci (keyword). Tidak usah terlalu panjang, meta deskripsi 150 karakter sudah sangat cukup. Bagaimana cara memasang meta deskripsi di setiap posting blog? Sudah pernah saya share, silakan dibuka.

Membuat Posting Blog yang Teroptimisasi

Posting blog yang kita buat sebaiknya mengikuti beberapa aturan berikut ini:
  • Panjang artikel minimal 500 kata
  • Setiap kata kunci setidaknya diulangi 3 kali di dalam posting blog.
  • Kata kunci yang muncul pertama kali harus di bold atau italic
  • Gunakan bahasa yang baku agar kualitas artikel tidak berkurang
  • Buat paragraf dengan kata kunci di dalam posting blog dan beri tag Heading H2 atau H3.

Memasang Gambar Dalam Posting Blog

Pastikan gambar yang dipasang di blog mengandung title dan Alt tag. Alt tag berfungsi memberitahu Google tentang isi gambar, karena Googlebot belum bisa mengenali gambar. Usahakan ukuran file gambar tidak terlalu besar, sehingga cepat  saat loading posting blog. Satu lagi, sebaiknya gambar diupload saat menulis posting blog, jangan dihosting di tempat lain semisal photobucket, dkk. Karena terkadang penyedia hosting gambar mengalami down, sehingga tidak bisa menampilkan gambar di blog kita pada jam sibuk.

Memasang Link di Dalam Posting Blog

Jika anda benar-benar perlu memasang link di dalam posting blog, maka ikuti beberapa aturan berikut:
  • Pastikan semua link terbuka di tab baru.
  • Bedakan link yang keluar dan link yang menuju halaman blog anda sendiri. Untuk link keluar, gunakan rel: "nofollow".
  • Penting!!! Usahakan dalam posting blog kita setidaknya ada dua link menuju posting lain. Interlink seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan robot mesin pencari mengindeks blog kita. Selain itu, internal link juga berfungsi meratakan pagerank tiap posting blog.
    Mengatur Atribusi Link Keluar dan Masuk
    Mengatur Atribusi Link Blog

Pastikan Posting Blog Kita Adalah Posting yang Bermanfaat (Dicari) Pengunjung Blog

Tujuannya sederhana, agar pengunjung blog tertarik membaca posting blog lainnya, atau bahkan datang berkali-kali ke blog kita. Tentu saja hal ini penting untuk menjaga reputasi blog kita di mata search engine dan pengunjung blog.

Delapan cara di atas sudah cukup untuk membantu kita dalam meningkatkan kualitas posting blog memenuhi standar kualitas SEO, semoga membuat artikel blog kita terindeks. Bila merasa perlu, silakan dilanjut Optimasi SEO blog lainnya dengan cara mendapatkan backlink berkualitas.

2 komentar

info yang sangat bermanfaat gan, saya malah belum sempat berfikiran sedetail itu, yang penting nulis yang banyak dicari orang saja.

Reply

iya gan zona aneh, saling berbagi buat kemajuan blogger..boleh ane di share rahasia sukses bloggingnya, newbie nie. :D

Reply

Posting Komentar