Cara Memasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag Berbeda Tiap Posting

Title Tag, Heading Tag dan Meta Description yang berbeda untuk setiap postingan memberikan efek pada SEO blog kita. Mengganti meta tag, title tag, dan meta description tag berbeda di tiap posting memudahkan search engine untuk menemukan blog kita. Dengan tampilan blogger baru, sebenarnya kita dimudahkan untuk melakukan optimasi blog, tetapi bagi pengguna lama perubahan tampilan blogger ini sangat membingungkan.

 Meta Description, Title tag, Heading Tag Berbeda Tiap Posting


Pada title di bar browser, heading halaman, dan judul posting menunjukkan judul yang sama. Pada tab browser muncul title blog kita yang sudah kita ubah menjadi title dinamis, berganti menyesuaikan judul artikel. Pada header blog yang menunjukkan judul artikel disebut dengan dynamic heading, dan terakhir adalah judul posting. 

Apakah blog Anda memiliki hal yang sama? Jika belum, segera ganti dengan tips yang saya share berikut untuk melakukan optimasi SEO onpage blog kita. Pada template blogger biasanya tidak menyertakan hal semacam ini. Title tiap posting akan sama dengan title blog kita, meskipun kita sedang  membaca artikel bukan halaman home, yang muncul ti tab browser adalah judul blog kita. Hal ini sangat merugikan untuk optimasi SEO blog kita.

Mengganti Title Tag

Banyak blogger menggunakan title tag standar untuk blognya. Misalnya blog "Tips Blogspot" membuat postingan "Bagaimana Cara Mengganti Meta Tag?", maka title tag-nya akan menuliskan "Tips Blogspot : Bagaimana Cara Mengganti Meta Tag?". Perlu diingat bahwa tempat terbaik dalam title tag, yaitu bagian terdepan dari title tag diisi dengan nama blog. Padahal sangat sedikit orang yang mau mencari keyword "Tips Blogspot" yang merupakan short tail keyword. Orang akan cenderung langsung mencari apa yang mereka butuhkan di search engine, bukan nama blog. Apalagi blog yang belum terkenal seperti blog saya ini.  

Seharusnya title tag blog saya harus menuliskan "Bagaimana Cara Mengganti Meta Tag? | Tips Blogspot". Namun saya sarankan untuk mengahpus "| Tips Blogspot" karena akan mengurangi persentase kepadatan kata kunci judul artikel dalam title tag. Untuk memasang title tag yang beragam, maka pastikan Title Tag blog kita seperti ini:

<title><data:blog.pageName/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | </title>
</b:if>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>

Untuk melihat kode title tag pada template anda silahkan lakukan prosedur berikut:
  • Masuk ke menu TEMPLATE
  • Klik tombol EDIT HTML
  • Akan muncul kotak berisikan HTML dasar blog Anda
  • Gunakan ctrl+f untuk mencari kode <title>
  • Periksa apakah kode yang berada antara <title> dan </title> pada blog Anda sudah sama seperti title tag di atas? Jika belum, hapus semua kode dari <title> sampai </title>, dan ganti title tag Anda dengan title tag blog di atas.
  • Jika tidak ada title tag bagaimana? Paste kan kode title tag di atas tepat di bawah kode <head>.
  • Klik SIMPAN untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan.
Maka title tag kita sudah sama, berganti tiap pengunjung mengklik artikel blog kita.

Mengganti Meta Description

Untuk mempermudah memasang meta description pada setiap postingan blogspot ikuti prosedur berikut:
Cara Memasang Meta Description Berbeda Tiap Posting

  1. Pilih menu Setelan
  2. Pilih Preferensi Penelursuran
  3. Aktifkan opsi Tag Meta Description
  4. Isi deskripsi Blog Anda pada kolom yang tersedia. Ingat, untuk syarat description blog, usahakan tidak lebih dari 160 karakter dan tidak mengandung cloaking keyword (mengulangi kata yang sama berulang kali).
  5. Klik Simpan Perubahan
Setelah mengganti meta description dengan langkah mudah di atas, lakukan lagi langkah mudah selanjutnya. Setiap kali menulis posting baru, pastikan kita memberikan deskripsi penelusuran di setiap posting. Jika sudah ada posting sebelumnya yang tidak diberikan deskripsi penelusuran, lakukan pengeditan karena meta deskripsi ini bisa diganti. Caranya:
  1. Menu Entri Baru atau Edit Entri.
  2. Pada bagian kanan kotak pengetikan akan ada menu Deskripsi Penelusuran. Isikan meta description posting Anda dengan mengklik menu tersebut. Ingat lagi syarat meta description ya? Klik Selesai.
Cara Memasang Meta Description Yang Berbeda Tiap Posting

Mengganti Heading Tag

Mengganti Heading Tag pada setiap posting blog juga sangat mudah dengan tampilan blogger baru. Pada icon editor artikel sudah ada pilihan heading tag. Kita tinggal memilih Heading untuk H2, Sub Heading untuk H3, dan Minor Heading untuk H4. Tentu saja jika kita belum mengkustom template blog kita. Mudah bukan? Dengan demikian kita sudah memasukkan berbagai heading ke dalamposting blog dengan mudah.
Cara Memasang Heading Tag Berbeda Tiap Posting

Mengganti Header Blog dengan Dynamic Heading

Semakin banyak blogger yang ingin menggunakan trik Dynamic Heading untuk Optimasi SEO blog-nya. Tetapi perlu diingat bagi yang beraliran "narsis" dengan mementingkan tampilan blog ketimbang optimasi SEO, mengganti header blog dengan dynamic heading tidak disarankan. Lalu, bagaimana cara membuat dynamic heading? Silakan dibuka linknya.

Menambah Title Tag, Meta Description, dan Heading Tag untuk setiap postingan sangat mudah bukan? Jadi harap membiasakan menambahkan meta description ini setiap kali memposting ertikel baru.

2 komentar

mmm..jadi penting ya masang deskripsi penulusuran..
nice inponya mas..sangat bermamfaat

Reply

sip gan idseoblog, blognya maju sangat nih..boleh donk di share rahasianya. :D

Reply

Posting Komentar