Cara Membuat Menu Bar dan Sub Menu Bar di Blog

Membuat Menu Bar dan Sub Menu Bar di Blog - Menu bar dan sub menu bar merupakan widget navigasi dalam blog. Dengan menu bar dan sub menu bar (dropd down menu), memudahkan navigasi pengunjung untuk menjelajah blog kita berdasarkan kategori atau label. Memberi sub menu bar juga membuat blog kita tampak lebih cantik, rapih, dan praktis (tidak acak-acakan), serta menambah estetika tampilan blog terkesan profesional. Untuk blogger pemula yang menganggap sulit terutama untuk mengedit HTML, ikuti saja langkah-langkah membuat menu bar dan sub menu bar di blog berikut dengan sabar dan teliti. 

Cara Membuat dan Memasang Menu Bar dan Sub Menu Bar di Blog
Menu bar dan sub menu bar di blog
 Berikut cara memasang menu bar dan sub menu bar di blog:
  1. Klik Menu Desain
  2. Pilih Menu Template lalu pilih menu Edit HTML
  3. Pilih/klik menu Expand Template Widget, bila masih bingung bisa buka artikel saya tentang cara mengedit template HTML blogger. Cari kode berikut:
<div class='main-outer'> atau
<div id='main-wrapper'> atau
<div id='main'>
4. Copy kode berikut tepat di atas kode tersebut.



Penjelasan Menu Bar dan Sub Menu Bar:
  • Ganti tanda # dengan link yang diinginkan. Jika berupa label/ kategori: http://namadomain/search/label/nama_label (Blogger) http://namadomain/category/nama_kategori (Wordpress). 
  • Ganti Tulisan "Menu" dan "Submenu" sesuai dengan nama menu dan sub menu yang anda inginkan.
  • Jika ingin menambah jumlah menu dan submenu bisa degan sedikit editing kode di atas.
5. Setelah itu klik Pratinjau untuk memastikan script sudah benar terpasang . Jika sudah yakin menu dan sub menu bar terpasang dengan benar, pilih Save/ Simpan.
Saran : Backup template Anda sebelum beraksi, agar ketika Anda frustrasi Anda masih bisa mengupload template Anda. 

Bagaimana, mudah bukan memasang menu bar dan submenu bar di blog? Jika masih kesulitan, bisa disampaikan di kolom komentar.

Posting Komentar