Step by Step: Cara Membuat Blog Baru di Blogger dan Wordpress

Membuat blog sebenarnya sangat mudah dilakukan, praktis, gratis dan mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Kita bisa memilih beberapa platform blog yang akan kita buat. Ada banyak platform sebenarnya, tapi kali ini kita hanya akan membahas bagaimana cara membuat blog di blogger dan wordpress, karena dua jenis blog inilah yang paling banyak digunakan oleh blogger di dunia ini. Kustomisasinya mudah, untuk optimasi SEO-nya pun sederhana.

Kita tidak perlu membahas lagi apa itu blog, karena kita sudah bahas apa itu blog dan apa yang dimaksud blog. Lalu, bagaimana cara membuat blog? Bagaimana cara mendaftarnya? Tenang saja, saya akan bagikan caranya bikin blog dengan mudah dan gratis! Langsung saja kita mulai dari cara membuat blog di blogger.

Cara Membuat Blog Baru di Blogger untuk Pemula

Yang harus dilakukan untuk membuat blog di blogger adalah mendaftar akun Google. Seperti halnya YouTube. Google+, dan Gmail, blogger juga memerlukan sebuah akun Google. Buka blogger.com untuk memulainya, dan kita akan diarahkan pada halaman Sign in.

Cara Mendaftar Akun Google untuk Membuat Blog Baru di Blogger

Jika Anda sudah punya akun Google, masuk dengan menggunakan email dan password Anda. Apa itu akun Google? Jika Anda punya email dengan ....@gmail.com berarti Anda sudah mempunyai akun Google. Jika belum, klik tombol Sign Up pada pojok kanan atas untuk mendaftar, gratis!

Setelah Anda punya akun Google, buka blogger.com, maka Anda akan diarahkan ke halaman selamat datang di Blogger. Anda diminta untuk mengisi nama pengguna yang akan ditampilkan dalam posting/ artikel yang akan dimuat di blog Anda. 


Cara Mendaftar/ Membuat Blog di Blogger Baru

Isi sesuai keinginan Anda, kali ini saya menggunakan nama Ann Blogger, kemudian pilih Lanjutkan ke Blogger atau Continue to Blogger. Maka Anda akan diarahkan ke halaman membuat blog baru.

Cara BIkin Blog Baru 2013

Karena Anda baru, silakan pilih New Blog atau Blog Baru. Maka Anda akan diarahkan ke halaman untuk memberi judul dan alamat serta template desain blog Anda.

Cara BIkin Blog Baru 2013

Pilih judul dan masukkan alamat yang Anda inginkan. Pilih template yang  Anda sukai, ememang terbatas  desainnya, tetapi nanti bisa dirubah, kok. Disarankan untuk memilih nama judul dan alamat sesuai dengan tema blog yang akan Anda publish. Tapi tenang, Judul dan Alamat Blog serta Template Desain bisa diubah nanti.

Updated!

Cara Membuat Blog Baru di Wordpress untuk Pemula

Selain blogger, platform blog yang banyak digunakan adalah wordpress. Selain menyediakan blog dengan self hosted yang akan kita bahas nanti, wordpress juga menyediakan blog gratisan untuk kita yang ingin menyalurkan hobi blogging kita. Lalu apa perbedaan Wordpress dan Blogger? Sudah kita bahas di artikel Blogger vs Wordpress yang akan saya update terus. Saya beri sedikit bocoran, wordpress lebih praktis dari blogger, apa yang Anda inginkan tinggal cari dan tempel plug-in nya sementara blogger harus "berjuang" dengan barisan script dan HTML untuk melakukan hal yang sama. Selebihnya untuk ulasan blogger dan wordpress silakan Anda baca artikel di atas.

Cukup, sekarang langsung cara mendaftar wordpress untuk pemula. Kita hanya perlu akun email, kali ini bebas tidak harus Google Mail (gmail), yahoo, atau yang lain bisa. Caranya:

Silakan dibuka halaman home Wordpress, klik linknya saja biar praktis. Tenang, tanpa iklan kok. Maka kita akan diarahkan menuju halaman seperti ini, silakan pilih Get Started.

Mendaftar Blog Wordpress
Mendaftar blog wordpress
Selanjutnya, kita akan diarahkan menuju halaman pengisian id di wordpress. Isi dengan benar termasuk memilih domain wordpress kita. Silakan dipahami bagaimana cara memilih domain yang baik. Selanjutnya, klik Create Blog untuk membuat blog wordpress gratis.

Membuat Blog Wordpress
Langkah kedua, membuat blog wordpress
Yahoo! Blog wordpress kita sudah jadi. Kita akan diminta untuk melakukan konfirmasi email. Silakan buka email Anda dan klik link konfirmasi dari Wordpress, kita siap untuk blogging di platform wordpress.

Konfirmasi Pendaftaran Blog Wordpress
Konfirmasi pendaftaran
Untuk memudahkan kita dalam blogging blogger maupun wordprees, kita harus memahami dashbroard blog keduanya.

Sampai di sini blog Anda sudah jadi! Bagaimana, mudah bukan membuat blog di blogger dan wordpress? Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah me-manage blog Anda sehingga lebih cantik dan SEO friendly.

Posting Komentar