Agar Diterima Google Adsense Anda Harus...

Sebenarnya, blogging merupakan sarana berbagi dan menambah silaturahmi. Sedangkan hal-hal lain seperti banyaknya pengunjung dan banyaknya rupiah atau dolar yang dihasilkan dari blog merupakan 'bonus' atas jerih payah blogging. Pertanyaannya, apa fokus Anda dalam ngeblog? Jika muaranya adalah menghasilkan uang dari blog yang Anda buat, maka lanjutkan baca artikel tentang cara Agar diterima Google Adsense ini. Jika tidak, maka lanjutkan baca artikel ini juga. Hehe..
Agar Diterima Google Adsense


Jika Anda ingin menghasilkan uang dari blog, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelumnya. Agar nantinya Anda tidak 'kehabisan bensin' menuju tujuan awal Anda. Ini penting! Karena banyak blogger pemula berfokus pada uang dan tergesa-gesa, akhirnya yang didapat hanya waktu yang terbuang sia-sia.

Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah layanan adsense, dan yang paling populer dan direkomendasikan adalah Google Adsense, jasa periklanan milik Google. Banyak blogger yang sukses dengan layanan iklan ini. Tak sedikit pula yang menjadikannya penghasilan utama mereka karena dalam satu bulan mereka sanggup menghasilkan uang hingga 5-6 digit (juta), dan itu dalam dolar!

Dari kisah inspiratif suksesnya para blogger menghasilkan uang itulah para newbie ingin mengikuti jejak para pro-blogger tadi. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang dangkal 'anak-anak kecil' ini melakukan berbagai macam cara yang tidak jarang ujung-ujungnya adalah sebuah banned dari Google atau rasa frustrasi dalam blogging.

Untuk itu, jika Anda juga ingin memonetisasi (menghasilkan uang) blog Anda dan tidak ingin bernasib sama dengan mereka sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan apa yang harus dilakukan agar diterima Google Adsense.

Formula untuk mengajukan lamaran di Google Adsense sebenarnya sederhana: Buat, Isi, Optimasi, Refleksi, Daftar, Optimasi lagi. Ya, hanya lima saja! Namun jangan berpikir itu akan mudah. Bukan bermaksud menciutkan niat Anda, hanya tidak ingin memberikan janji palsu. Hehe.. Baik, agar Google menerima pengajuan Adesense, Anda harus:

1. Membuat Blog

Jika Anda belum mempunyai blog, maka itu sangat bagus. Memulai blogging dari awal membuat optimasi akan jauh lebih ringan karena tidak harus mengubah-ubah apa yang sudah Anda lakukan di blog sebelumnya. Untuk memulai membuat blog ini yang harus dilakukan:
  • Mulai blog dengan benar, jangan sampai langkah selanjutnya berat karena kesalahan di awal.
  • Jika belum punya blog, maka buatlah blog. Saya sarankan untuk memilih platform Blogger sebagai sarana belajar meskipun menurut saya WordPress lebih mudah. Pengalaman saya, karena sedikit 'repot', Blogger mengajarkan sesuatu pada kita nantinya. Selain itu lebih banyak tutorial dari dalam maupun luar negeri untuk optimasi. Baca lebih lanjut ulasan saya tentang Blogger vs WordPress.
  • Jika ingin lebih personal dan profesional, beli paket hosting dan domain. Untuk domain, pilih TLD (Top Level Domain) berakhiran .com. Karena akhiran .com lebih mudah diingat oleh pengunjung blog, tidak lebih!
  • Kalau memang belum mampu ya cukup pakai platform gratis saja. Blog gratisan pun bisa kok dimonetisasi.
Jika sudah punya blog bagaimana? Mudah saja, isi dengan konten berkualitas!

2. Membuat Konten Berkualitas

Konten Berkualitas Agar Diterima Google Adsense
Step ini yang biasanya banyak diabaikan oleh newbie dalam menghasilkan uang dari blog melalui Google Adsense. Karena fokusnya hanya menghasilkan uang, mereka pun fokus mencari tutorial bagaimana cara memperoleh uang tanpa memperkaya konten blog. Saran saya, buat konten berkualitas standar SEO karena content is king. Apa hubungannya konten berkualitas dengan menghasilkan uang dari blog? Hehe.. Sekarang saya balik pertanyaannya, bagaimana Anda mendapatkan pengunjung jika konten tidak berkualitas? Pihak mana yang mau beriklan di blog yang sepi pengunjung? Hal ini juga sudah disampaikan oleh sang raja search engine dengan adanya Algoritma Panda dan Penguin yang menarget konten berkualitas rendah dan atau spam untuk dimakan.

Ciri konten berkualitas:
  • Original, bukan hasil jiplakan (copy-paste).
  • Berguna, diperlukan oleh calon pengunjung. Untuk mengetahui apa yang diinginkan calon pengunjung, lihat yang sedang jadi trend di Google dengan mengunjungi Google Trend. Kemudian lakukan riset kata kunci.
  • Menjaga kepadatan kata kunci dalam artikel, jaga tetap natural. Natural? Benar, Google tidak menyebutkan secara pasti secara pasti berapa persen maksimal kepadatan kata kunci dalam konten. Hanya mengatakan untuk mengulang secara wajar agar tidak dianggap spam.
  • Menggunakan bahasa yang baku tetapi tetap komunikatif.
  • Tidak mengandung unsur pornografi atau isu-isu SARA.
Anda sebaiknya memperhatikan hal ini karena untuk diterima Google Adsense, blog Anda harus cukup 'gemuk' artinya cukup memiliki konten. Selain itu juga harus memiliki visitor (pengunjung) yang cukup banyak. Untuk yang kedua ini, flowing by the flow saja. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, hakikat blogging adalah sharing. Jika konten Anda berkualitas dan melakukan optimasi yang baik, percaya deh pengunjung pasti datang sendiri kok.

3. Melakukan Optimasi

Setelah mengisi blog dengan konten berkualitas, sebenarnya sudah cukup dan hanya perlu bersabar menunggu pengunjung sehingga blog kita memenuhi syarat untuk diterima Google Adsense. Akan tetapi kita perlu 'suplemen' agar hasil semakin maksimal. Optimasi yang dimaksud di sini adalah Optimasi SEO.

Optimasi SEO Onpage

Tujuan optimasi onpage ini adalah untuk memaksimalkan apa yang ada di dalam blog kita agar dicintai oleh search engine seperti Google, dkk. Terdiri atas beberapa hal, selengkapnya bisa Anda baca pada artikel Cara Melakukan Optimasi Onpage.

Optimasi SEO Offpage

Tujuan optimasi offpage ini adalah untuk membuat blog kita memiliki reputasi di mata search engine serta memperbesar calon pengunjung untuk datang berkunjung. Terdiri atas mencari backlink dan mempromosikan blog.

4. Melakukan Penilaian Blog

Nah, sampai di sini saatnya melakukan evaluasi apakah blog kita sudah bisa dikategorikan diterima oleh Google Adsense? Lakukan penilaian pada aspek:
  • Apakah blog sudah memiliki cukup banyak konten berkualitas?
  • Apakah visitor blog saya sudah cukup banyak untuk bisa diterima? Sejauh ini saya belum menemukan aturan baku berapa jumlah minimal agar diterima oleh Google Adsense. Karena blog teman-teman juga bervariasi. Amannya, jika visitor sudah mencapai hampir 1000 coba daftarkan. Biarkan Google yang menilai.
Jika dua syarat di atas sudah terpenuhi, coba daftarkan blog Anda untuk monetisasi. Jika belum, Anda tau yang harus dilakukan!

5. Mendaftar Google Adsense

Untuk mendaftar Adsense sangat mudah caranya. Pilih blog yang akan dimonetisasi, tentunya Anda harus log in dahulu pada akun Anda. Pada menu di dashboard, pilih "Uangkan/ Monetize". Ikuti langkah-langkahnya, saya kira tidak perlu dijelaskan. Panduan dari Google sudah cukup jelas. Jika sudah, bersabar. Anda akan dikonfirmasi via email apakah 'lamaran' Anda ditolak atau diterima. Jika diterima, lanjut ke langkah ke-6. Jika belum, biasanya mereka akan menjelaskan apa yang menjadi alasan pengajuan Anda ditolak. Perbaiki yang menyebabkan ditolak, jangan tergesa-gesa mengajukan kembali. Perbaiki dengan baik, baru setelah yakin ajukan kembali. Jangan terlalu sering mengajukan kembali 'lamaran' karena akan dianggap spam. Perbaiki dulu dengan teliti.

6. Melakukan Optimasi Lanjut

Jika sudah diterima, jangan berhenti melakukan optimasi. Optimasi terutama hal SEO merupakan hal yang berkesinambungan karena terus berkembang. Lakukan pula pengembangan dalam hal apapun termasuk desain blog, agar pengunjung yang datang nyaman dan blog kita dicintai. lengkapi dengan widget dan navigasi yang visitor friendly. Tapi hati-hati, efek sering mengganti template blog. Intinya, lakukan pengembangan untuk menjaga trafiic pengunjung.

Demikian tips dari saya tentang cara agar diterima Google Adsense. Semoga membantu Anda dalam menghasilkan uang dari blog. Bagaimana, apakah sama dengan cara Anda agar diterima Google Adsense?

1 komentar:

thanks gan

salam daftarbisnisnet.blogspot.com

Reply

Posting Komentar