Apa Itu Blog? Apakah yang Dimaksud Blog?

Apa itu blog?


Jadi apa itu blog? Banyak yang orang masih bingung dengan apa yang dimaksud blog. Baiklah, mari kita kupas apa sebenarnya blog itu.




Ada beberapa sudut pandang untuk menjawab apa itu blog. Mulai dari hal yang luas sampai hal yang teknis. 

Secara umum blog adalah sebuah jenis dari situs/ web. Contohnya adalah blog saya ini. Jika blogger/ blogspot merupakan situs yang dimiliki oleh google, maka momovista.blogspot.com atau yang sekarang berganti domain di tipsblogspot.com adalah jenis dari situs blogger yang saya miliki/ pakai. Apakah sekarang Anda paham apa itu blog? Jika belum, lanjutkan membaca.

Secara teknis sedikit lebih membingungkan pengertian dari blog. 

Blog, secara teknis merupakan singkatan dari web log dalam Bahasa Inggris. Dari arti katanya, sebenarnya kata "blog" adalah kata kerja yang artinya mempunyai arti menulis pada web-blog. Belakangan blog diartikan sebagai sebuah jenis situs/ web yang isinya dimasukkan/ dimuat berdasarkan urutan waktu dan dijelaskan dengan tertib terbalik oleh pemiliknya. Terbalik? Ya, blog menampilkan isi yang paling baru hingga yang paling lawas. 

Apakah sudah terjawab apa itu blog? 
Sebuah blog biasanya mengangkat tema tertentu. Seperti blog saya ini mengangkat tema tentang tips blogspot. Blog juga memuat teks, gambar, suara, video, dan lain sebagainya. Tidak jarang, orang memakai blog sebagai buku harian mereka. 

Seiring berkembangnya teknologi informatika, perkembangan blog juga berkembang pesat. Pada 2007 saja tercata ada lebih dari 120 juta blgo di seluruh dunia. Wow!


Lalu apakah yang dimaksud blog? 


Jika masih kurang jelas, saya jelaskan kembali apa blog itu secara ringkas.
Blog meruapakan kependekan dari web log yaitu sebuah jenis situs/ web yang isinya dimuat berdasarkan urutan waktu, yang isinya mengangkat tema-tema tertentu.

Seperti halnya koran yang terbit setiap hari dengan headline tertentu, blog juga demikian. Berfungsi sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan tema yang diangkat dan diupdate secara berkala.


Apa perbedaan Blog dan Web?


Setelah kita mengetahu apa itu blog, saatnya kita mengetahui apa perbedaan blog dengan website. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, blog  adalah salah satu jenis website. Jadi apa kelebihannya? Kelebihan mungkin relatif, tetapi ada yang membedakan keduanya.
Berikut perbedaan blog dan website:

Konten
Perbedaan blog dan website yang paling jelas tentu saja konten atau isi yang dimuat. Blog lebih sering diperbaharui dengan informasi-informasi baru yang segar setiap hari. Konten blog disusun berdasarkan urutan waktu, informasi terbaru berada di paling atas dan yang paling tua berada di bawah.

Sindikasi
Artinya, orang dapat membaca konten blog tanpa harus mengunjungi alamat URL blog tersebut. Misalkan saja, saya ingin membaca artikel saya tentang apa itu blog, saya tidak perlu mengunjungi momovista.blogspot.com terlebih dahulu. Bisa saja saya membacanya karena menemukan artikel tersebut saat mencari "pengertian blog" di serach engine seperti Google. Sindikasi semacam ini disebabkan karena konten yang diperbaharui setiap waktu sehingga kemungkinkan terlacak search engine lebih besar dibandingkan website.

Percakapan
Perbedaan antara blog dan website yang selanjutnya adalah percakapan. Berbeda dengan website blog ditulis oleh pemilik blog dengan gaya bahasanya sendiri (blogger) dan berkomunikasi langsung dengan pengunjung blog. Terdapat banyak kata sapaan seperti Anda, kita, Sahabat, dll, yang diharapkan mendapatkan jawaban berupa komentar.

Saya kira sudah cukup jelas apa itu blog dan perbedaannya dengan website.
Lanjut ke step kedua: Blogger vs Wordpress.

Posting Komentar