3 Tips Memilih Blog Yang Akan Anda Buat

Menentukan blog yang akan Anda buat merupakan langkah pertama dari semua proses blogging khususnya SEO. Banyak blogger yang dari awal salah memulai blognya, sehingga sangat berat melakukan optimasi SEO di kemudian hari. Jadi penting untuk Anda menentukan dahulu blog apa yang akan Anda buat sebelum membuat blog. Kita anggap Anda belum mempunyai blog, dan juga kita lupakan bahwa Anda sudah memiliki pengetahuan SEO. Karena pengalaman saya pribadi, sangat berbahaya mencampur aduk tips SEO dari banyak sumber. Karena setiap sumber berbagi tips berdasarkan pengalaman dan ujicoba masing-masing, jadi tentu saja berbeda. Setelah sepakat untuk memulai blogging dari nol, mari kita mulai tips memilih blog yang akan Anda buat.

1. Memilih Blog Niche Tertentu atau Blog Campuran

Pertama yang harus dipikirkan dalam memilih blog adalah topik, tau lebih populer oleh blogger disebut niche. Mengapa harus menentukan topik terlebih dulu? Topik atau niche ini berguna untuk membatasi segmentasi pasar blog kita, mengkhususkan calon pengunjung blog kita.

Saya berikan ilustrasi dalam memilih blog yang akan Anda buat. Misalkan teman Anda yang memiliki blog dengan topik tentang download gratis dan memiliki traffic melimpah. Kemudian Anda beripikir untuk memilih blog tentang ternak jangkrik dan berharap mendapatkan traffic yang sama besar bahkan lebih dari blog teman Anda. Dengan sangat menyesal saya katakan, "kemungkinannya hampir 0%". Karena di internet orang lebih banyak melakukan download gratis daripada mencari referensi tentang ternak jangkrik. Jelas keduanya sudah memiliki segmen pasar berbeda.

memilih niche tema topik blog yang akan dibuat
Menentukan topik blog ibarat pedang dengan dua mata. Jika topik yang dipilih tepat, kemungkinan blog akan mudah mendatangkan traffic di kemudian hari. Akan tetapi jika niche yang dipilih sudah salah di awal, apalagi tidak dibantu dengan optimasi SEO, maka tamatlah blog tersebut.

Bagaimana cara menentukan topik blog?

Memilih niche blog sebaiknya ditentukan atas dasar kata kunci dengan potensi pengunjung besar. Tetapi Anda salah jika sudah memilih topik blog dengan potensi pengunjung besar dan berharap langsung mendapat traffic melimpah di kemudian hari. Karena kata kunci dengan potensi pengunjung besar juga memiliki persaingan yang besar. Tidak hanya kelas blogger, website-website yang sudah mapan sekalipun ikut meramaikan persaingan. Jika Anda menguasai topik blog yang Anda buat, kemungkinan blog Anda bersaing masih ada meskipun harus banyak melakukan optimasi SEO. Mengapa? Karena mungkin saja blog Anda memiliki konten yang lebih berkualitas dibandingkan blog atau website yang sudah ada. Tetapi jika Anda sedikit bahkan sama sekali tidak menguasai topik yang Anda pilih, maka kemungkinan bersaing akan sangat kecil. Karena Anda pasti membuat konten yang dangkal, tidak berbobot bahkan copy-paste.

Alternatif lain dalam memilih blog yang akan dibuat adalah menentukan niche berdasarkan hobi atau keahlian. Dengan begitu, Anda akan menguasai apa yang Anda tulis di blog. Konten akan menjadi berkualitas dan Anda tidak akan kehabisan ide untuk terus mengisi blog Anda. Meskipun potensi pengunjung tidak terlalu besar, tetapi saya kira lebih baik dibandingkan tidak mendapatkan pengunjung sama sekali karena memilih niche yang salah dengan persaingan ketat dan kemampuan optimasi SEO pas-pasan. Tips menentukan topik blog:
  • Melakukan riset kata kunci, untuk mengetahui potensi pengunjung.
  • Blogwalking untuk mencari inspirasi.
  • Hobi atau keahlian.
Bagaimana jika Anda memilih blog campuran? Blog dengan topik campuran memerlukan optimisasi SEO yang juga berat karena Google akan kesulitan menilai topik utama dari sebuah blog campuran akibat variasi kata kunci yang terlalu beragam. Tips memilih blog campuran:
  • Tetap lakukan riset kata kunci untuk menjaga potensi pengunjung.
  • Buat blog Anda 'gendut', mengisinya dengan banyak konten berkualitas, dengan referensi yang baik dan tidak hoax.
  • Buat label atau category sesuai masing-masing topik untuk memudahkan crawler search engine dalam mengindeks. Buatlah subtopik-subtopik blog sejak awal untuk mempermudah.
Kesimpulan:
  • Content is King, kembangkan topik blog yang dipilih menjadi artikel berkualitas. Artikel berkualitas mempermudah optimasi SEO di kemudian hari.
  • Lebih baik memilih blog dengan topik yang sesuai dengan keahlian, daripada mengejar topik dengan potensi pengunjung besar dengan kemampuan SEO pas-pasan.
  • Blog campuran dengan niche gado-gado akan menambah tingkat kesulitan optimasi SEO khususnya optimasi offpage.

2. Memilih URL Homepage (Domain)

Memilih URL homepage yang tepat membantu Anda dalam mendatangkan traffic, karena URL atau domain homepage sangat membantu dalam melakukan optimasi kata kunci (keyword) blog Anda. Banyak blogger melakukan kesalahan di sini saat memulai blogging. Tips memilih URL homepage:
  • Domain sebaiknya mengandung kata kunci blog.
  • Pilih domain yang tidak terlalu panjang dan mudah diingat sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan direct visit tanpa bantuan search engine.
Setelah Anda memilih URL homepage yang mengandung kata kunci, Anda harus benar-benar mengutamakan kualitas konten blog dengan tetap menjaganya berkaitan dengan kata kunci di URL. Jika tidak bisa saja blog Anda 'dibanting' oleh Algoritma EMD (Exact Match Domain) dari Google karena konten blog Anda dianggap melenceng dari domain Anda. Contoh, jika Anda memilih blog dengan URL tipsblogspot.com dan ternyata konten Anda berisikan tentang bisnis online maka ini akan dianggap melenceng oleh Algoritma EMD. Jadi mohon diperhatikan khusunya untuk blog dengan topik campuran.

pilih domain gratis atau berbayar?


Domain Gratis atau Berbayar?

Sebenarnya tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap domain gratis atau berbayar. Asalkan domain sesuai dengan konten, dan blog berisi artikel berkualitas maka Anda bebas memilih bomain gratis atau berbayar untuk blog Anda.

Jika Anda memilih domain gratis tentu saja Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli domain. Hanya saja blog akan terlihat kurang profesional, khususnya bagi pelaku blog untuk bisnis online. Dengan domain gratis akan membuat customer merasa ragu dengan bisnis Anda. Apalagi dengan maraknya penipuan bisnis dengan blog berdomain gratis. Jadi jika ingin menjadikan blog sebagai media promosi bisnis, saya sarankan untuk membeli domain.

Domain berbayar memiliki kelebihan dibandingkan dengan domain gratis dalam hal penentuan nama domain. Anda bisa memilih domain yang sesuai dengan kata kunci yang sangat berpengaruh dalam penentuan poin SEO. Selain itu blog juga terlihat lebih profesional bukan sekedar amatir yang bereksperimen di internet, ini bisa menjadi nilai plus untuk Anda yang ingin berbisnis online via blog.

Kesimpulan:
  • Pilih domain yang mengandung kata kunci karena memiliki pengaruh dalam penentuan nilai SEO.
  • Beli domain untuk mendapatkan nilai plus, domain gratis tidak dilarang asalkan menjaga kualitas isi dengan kata kunci pada domain.

3. Memilih Konten Original atau Duplikat

Setelah memilih topik dan menentukan URL homepage, terakhir adalah memilih apakah blog kita akan memuat konten original atau copy paste. Memilih jenis konten ini sangat penting untuk optimasi SEO kita nanti. Jika Anda memilih membuat konten original, maka Anda harus meluangkan waktu untuk menuangkan ide manjadi sebuah artikel berkualitas. Itulah mengapa di awal saya menyarankan untuk menjadikan hobi atau keahlian Anda sebagai topik blog sehingga Anda tidak pernah bosan dan kehabisan ide. konten original akan menjadikan optimasi SEO blog Anda lebih mudah karena blog memiliki artikel-artikel unik yang sangat disenangi oleh Google.

konten original atau copy paste?
Sebaliknya, blog dengan konten copy paste sangat praktis karena Anda tidak akan kehabisan ide untuk mengisi blog. Namun, ini akan membuat optimasi SEO Anda berat karena copy paste sana-sini. Anda harus memiliki blog yang sangat gemuk untuk mendapatkan hasil maksimal dari optimasi SEO Anda. Itu juga kalau blog Anda belum di banned oleh Google. Selain itu, copy paste juga membuat blogger lain akan mencap Anda sebagai blogger 'miskin kreasi'.

Kesimpulan:
  • Memilih konten original membantu Anda dalam melakukan optimasi SEO meskipun menyita waktu.
  • Konten cop paste beresiko terkena banned oleh Google dan sesama blogger.
Demikian 3 tips memilih blog yang akan Anda buat, semoga membuat Anda semakin dewasa dalam blogging. Jika sudah memutuskan untuk memilih blog yang akan Anda buat, saatnya melakukan Optimasi SEO Onpage agar blog Anda cepat akrab dengan search engine.

Posting Komentar