Hati-hati Memilih Sitemap, Pasang Google Sitemap Agar Terindex!

Cara Membuat dan Memasang Google Sitemap untuk Blog Blogger
Google Sitemap XML
File XML Sitemap adalah sebuah direktori dari semua halaman web yang ada pada website atau blog. Search engine seperti Google dan Bing dapat menggunakan file-file sitemap untuk menemukan halaman di situs kita, yang mana mungkin saja Google dan Bing tidak menghasilkan apapun ketika merayapi konten blog kita tanpa file sitemap. Begitu pentingnya sitemap untuk sebuat website/ blog agar ditemukan search engine.

Sitemap Blogger Anda Lama? Waspadalah!

Sebuah file sitemap yang lengkap harus menyebutkan semua halaman situs tapi itu tidak terjadi jika blog Anda memiliki hosting di Blogger. Mengapa? File XML Sitemap default Blogger hanya akan memiliki 26 posting. Ini lah yang menjadikan posting-posting lawas blog kita memiliki kemungkinan menjadi tidak dirayapi oleh Google Bot karena tidak tercantum di file Sitemap. Ada namun solusi sederhana untuk memperbaiki masalah ini.

Membuat Peta Situs (Sitemap) Google Lengkap untuk Blogger

Tutorial membuat peta situs ini berlaku untuk Blogger standar dengan hosting dan domain blogspot, serta blog dengan hosting dan domain custom. Yang perlu Anda lakukan untuk membuat struktur situs lengkap blog Anda ke mesin pencari dengan bantuan sitemap XML sangatlah mudah.
  1. Buka Sitemap Generator, dan ketik alamat lengkap dari blog Anda.
  2. Klik tombol Create Sitemap dan alat ini langsung akan menghasilkan teks yang diperlukan untuk sitemap Anda. Salin semua kodenya.
  3. Selanjutnya adalah pemasangan sitemap. Buka dashboard Blogger Anda, pilih Pengaturan -> Preferensi Pencarian, Pengaktifan Opsi robots.txt Kustom, paste-kan di situ. 
Cara Membuat dan Memasang Google Sitemap untuk Blog Blogger Anda
Generator Sitemap XML
 Dan, Yahoo! kita selesai. Search engine seperti Google secara otomatis akan menemukan file XML sitemap Anda melalui file robots.txt dan Anda tidak harus ping secara manual.

Demikian cara membuat dan memasang Google sitemap untuk blog blogger. Semoga bermanfaat!

2 komentar

Apakah sitemap.xml itu hanya untuk Google? Tidak kan, file tersebut juga akan dirayapi oleh semua web crawler... :D Hehehehhe jadi kalau judul artikel seperti ini saya rasa kurang tepat deh. Kan bisa lebih simple, seperti Cara Membuat Sitemap XML untuk blogger.

Terus kalau platform selain blogger gimana tuh caranya? :P

Reply

hehe..boleh tu masukannya. Itu kan biar spesifik bro, karena search engine terbesar yg pake crawler cuma Googel, jdd biar bahasanya tidak njlimet dibikin simpel. Karena kalau Yahoo! dia pake direktori.

Reply

Posting Komentar