Bagaimana Cara Membuat Dynamic Heading untuk Optimasi SEO?

Bagaimana cara membuat Dynamic Heading? Salah satu trik SEO yang semakin banyak digunakan oleh blogger, mengingat sebenarnya dynamic heading adalah salah satu syarat template blog SEO friendly. Ada yang masih bingung dan asing apa itu dynamic heading, jadi sebelum melangkah lebih jauh, coba perhatikan gambar di bawah ini.

Bagaimana cara membuat dynamic heading di blogspot?
Dynamic heading di blogspot.
Gambar di atas memperlihatkan tiga bagian penting pada halaman posting saya:
1. Title Tag
2. Header Halaman
3. Judul Artikel
Ketiga komponen di atas merupakan komponen terpenting dari sebuah blog untuk optimasi SEO. Jika blog Anda belum mengoptimalkan tiga komponen di atas. Kali ini saya akan share tentang bagaimana cara membuat dynamic heading, yaitu judul heading blog yang berubah menyesuaikan judul posting blog.

Mengatur Title Tag

Banyak blogger menggunakan title tag standar untuk blognya. Misalnya blog "Tips Blogspot" membuat postingan "Bagaimana Cara Mengganti Meta Tag?", maka title tag-nya akan menuliskan "Tips Blogspot : Bagaimana Cara Mengganti Meta Tag?". Perlu diingat bahwa tempat terbaik dalam title tag, yaitu bagian terdepan dari title tag diisi dengan nama blog. Padahal sangat sedikit orang yang mau mencari keyword "Tips Blogspot" yang merupakan short tail keyword. Orang akan cenderung langsung mencari apa yang mereka butuhkan di search engine, bukan nama blog. Apalagi blog yang belum terkenal seperti blog saya ini.

Untuk mengoptimalkan title tag, silakan baca artikel Cara Memasang Title Tag, Meta Description, dan Heading Tag 

Membuat Dynamic Heading

Seperti yang saya sebuatkan di atas bahwa dynamic heading membuat header halaman blog menuliskan judul blog saat berada di home, dan berganti menuliskan judul posting blog saat berada di halaman posting blog. Untuk membuat dynamic heading kita perlu sedikit bermain dengan edit HTML, bagi yang masih bingung silakan dibaca artikel Edit Template Tampilan Baru. Oke, sekarang saatnya membuat dynamic heading. Ingat, backup template Anda terlebih dahulu!
  • Login ke akun blogger, dan pilih menu Template > Edit HTML
  • Buka semua kode template: Klik di sembarang tempat di dalam kode, tekan CTRL+A, lalu tekan CTRL+C, lalu tekan DEL, CTRL+V.
  • Cari kode <b:include name='title'/> dengan menggunakan CTRL+F. Biasanya terdapat lebih dari satu kode ini, saya sarankan mulai dari yang paling bawah
  • Ganti kode <b:include name='title'/> dengan kode di bawah:
<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<b:include name='title'/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
  •  Simpan.
Lihat, apakah header blog sudah berganti menjadi judul posting blog saat di halaman posting blog. Jika belum, silakan dicoba kembali penggantian kode pada <b:include name='title'/> yang lainnya.
 

Mengatur Judul Artikel

Jika Anda belum melakukan optimasi SEO, biasanya judul posting blog adalah berupa heading H3, dan widget berupa heading H2. Sebenarnya hal ini kurang SO friendlySecara default biasanya template memberikan heading H3 untuk judul posting. Jadi di sini kita akan mengubah judul artikel menjadi heading H2.
  • Buka EDIT HTML, tekan CTRL+F dan cari kode h3.post (pastikan kod tidak memuat embel-embel mobile)
  • Lagi-lagi, biasanya kode h3.post bisa lebih dari satu, ubah semuanya menjadi h2.post
  • Lalu ubah semua kode <h3 class='post menjadi <h2 class='post.. jangan lupa ubah juga end tag </h2>menjadi </h3>.
  • Simpan

Mengubah Judul Widget Menjadi H3

Sampai langkah ini header blog kita sudah menjadi dynamic heading dan judul posting blog sudah menjadi heading H2. Sekarang kita akan mengubah judul widget menjadi heading H3 agar lebih SEO friendly.

  • Buka EDIT HTML, carilah semua kode HTML untuk widget blog kita. Contoh  widget Arsip Blog seperti pada kode di bawah:
<b:widget id='BlogArchive1' locked='false' title='Arsip Blog' type='BlogArchive'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
  • Ubah semua kode <h2><data:title/></h2> di atas menjadi <h2><data:title/></h3>
  • Simpan.
Sampai di sini blog kita sudah memiliki dynamic heading, heading H2 pada judul posting blog, dan heading H3 pada judul widget blog. Sekarang blog kita sudah lebih SEO friendly, dan memudahkan search engine untuk menemukan blog kita dan semoga bisa memperbaiki peringkat posting-posting blog kita di hasil pencarian Google.

Posting Komentar